Misa KMKI-Münster 28. April 2007

“Domba-dombaku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar daripada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.“ (Yoh 10:27-29)

Misa KMKI MünsterKutipan bacaan Injil dari kitab Yohanes tadi menjadi tema dari misa KMKI Münster yang kembali diadakan untuk kesekian kalinya di Präsepe gereja Kapuziner, tetapi istimewanya misa kali ini diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan dilayani oleh Pater Metodius Sarumaha, OFM Cap., yang sudah bersedia meluangkan waktu jauh-jauh datang dari Frankfurt.

Topik di atas terasa seperti air sejuk yang kembali menguatkan pengharapan kita di tengah-tengah perjuangan dan masalah hidup kita sehari-hari, apalagi di negeri orang, jauh dari keluarga dan orang-orang yang kita kasihi yang selama ini terbiasa kita andalkan pada saat dekat.Wajah Baru

Tuhan adalah gembala kita dan kita adalah domba-domba-Nya, dan ia mengenal setiap domba-Nya, satu per satu, dengan sangat baik, memperhatikan kita dan tidak pernah mebiarkan kita sendirian ataupun kekurangan. Sikap Tuhan sudah jelas terhadap kita, janji dan kasih-Nya terhadap kita tidak akan pernah berubah, dari dulu, sekarang sampai selama-lamanya. Pengalaman seperti itu dapat kita rasakan lewat pengalaman hidup kita sehari-hari, lewat doa atau sakramen-sakramen gereja. Kendalanya adalah kadang kita menjadi ragu dan tidak percaya, sehingga hubungan kita dengan Tuhan menjadi kurang harmonis dari pihak kita, dan telinga dan hati kita tertutup untuk mendengar sabda-Nya. Padahal kalau kita terus mendengarkan sabda Tuhan, selalu ada pengalaman-pengalaman baru yang akan kita alami, yang menunjukkan bahwa Tuhan selalu ada bersama kita dan mengasihi kita.

BerdoaPada kesempatan kali ini tampak wajah lama tapi baru yang ikut hadir, saudara kita Vincentius, selamat datang dan bergabung ! Adalah kerinduan bagi kita melihat saudara-saudari seiman kita yang lainnya, yang tersebar seantero kota Münster ini, yang mungkin selama ini belum sempat hadir, agar pada saatnya nanti ikut bersekutu dan menemukan makna persaudaraan dalam Tuhan kita Yesus Kristus lewat wadah KMKI Münster. Kita doakan !

Makan-makanDan seperti ada pepatah mengatakan, dimana orang Indonesia berkumpul selalu ada makan-makan, demikian juga kali ini sesudah misa kita berkumpul untuk acara Tee trinken sambil berbincang dalam suasana kekeluargaan.

Dan pada akhirnya acara ditutup dengan……
cuci piring dan beres-beres….😉🙂
sebelum akhirnya bubar pulang ke rumah atau melanjutkan acara masing-masing.

Sampai bertemu di acara berikutnya ! Tuhan beserta kita !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: