Tanaman pepermint

Suatu hari seorang teman memberikan sebuah tanaman pepermint dalam sebuah pot kecil. Tanaman itu kutaruh di balkon di bawah jendela kamar. Setiap hari tanaman itu harus disiram. Beberapa hari itu aku sempat sibuk dengan pekerjaan sehingga 3 hari lamanya tidak menyirami tanaman itu. Pada saat aku teringat, dan menjenguk tanaman itu, ia sudah layu dan hampir mati. Aku menjadi kaget dan dengan segera memutuskan menyirami tanaman itu, sempat terbersit untuk membuangnya, karena aku tidak tahu apa yang akan terjadi, apakah tanaman itu akan bisa bertahan hidup. Tapi apa yang terjadi, tanaman itu seketika menjadi segar, dan hari berikutnya ranting2nya yang kecil kembali mejadi kuat dan daun-daunnya kembali menghijau, dan hari berikutnya tumbuh tunas-tunas baru. Hal ’kecil’ itu membuatku terpukau, betapa ’hanya’ setetes air bisa menyambung sebuah kehidupan bahkan memberikan kehidupan baru.

Hal itu mengingatkanku pada firman Tuhan dan Alkitab. Firman Tuhan itu seperti air yang menyegarkan dan memberikan kita kehidupan. Kadang hidup kita menjadi layu dan hampir mati seperti tanaman pepermint itu karena hidup jauh dari Tuhan dan firman-Nya. Seperti cerita pertemuan Tuhan Yesus dengan wanita Samaria yang ingin menimba air di sumur Yakub (baca Yohanes 4). Pengalamannya bertemu dan berbincang dengan Tuhan telah mengubah seluruh kehidupannya dan memberikan dia kehidupan baru dan berarti. Ketika ia mencari air yang duniawi, Yesus menawarinya air kehidupan, yang bersumber dari diri-Nya sendiri, Dia mengatakan ”..sebaliknya air yang kuberikan kepadanya akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus menerus memancar sampai kehidupan yang kekal“ (Yoh 4: 14).
Seperti halnya ’hanya setetes air’ yang telah menghidupkan kembali tanaman pepermint yang jelas hampir mati, dan ’hanya sebuah percakapan singkat dengan Yesus’ telah mempengaruhi dan mengubah hidup wanita Samaria itu dan bahkan orang di sekitarnya, demikian pula ’hanya sebait firman Allah’ yang Anda baca hari ini telah memberikan suatu perubahan dalam hidup anda, suatu jawaban terhadap pencarian anda dan jalan keluar bagi semua masalah yang anda hadapi.

Hal yang menarik, dari percakapan wanita Samaria itu saya membayangkan bagaimana wanita itu pada awalnya bersikap sinis, menyangsikan dan meremehkan perkataan Tuhan. Dari latar belakangnya yang telah 5 kali besuami dan sekarang tinggal dengan laki-laki yang bukan suaminya saya membayangkan latar belakang kehidupannya yang pahit dan suram. Tapi ketika mendapat kesempatan berharga bertemu dan bercakap dengan Tuhan dan ia tidak menutup dirinya terhadap firman Tuhan, wanita itu “..telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup“(Yoh 4:10). Dan kita bisa melihat dalam sekejab ia telah mengalami peristiwa/perubahan yang begitu bermakna dalam kehidupannya. “Maka wanita itu meninggalkan tempayannya di situ lalu pergi ke kota dan berkata kepada orang-orang yang si situ : “Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kupebuat. Mungkinkah Dia Kristus itu ?“ Maka merekapun pergi ke luar kota lalu datang kepada Yesus“ (Yoh 4:29-30)

Maukah kita juga seperti wanita Samaria itu dalam hal meminta air hidup dan telah menerimanya. Kita bisa mendapatkannya lewat firman Tuhan dengan membaca alkitab setiap hari. Roh kudus akan bekerja dan menerangi kita. Hidup kita akan selalu segar disirami oleh air kehidupan dari Tuhan, dan sebagai ganti kehidupan lama kita yang hampir layu hidup kita disegarkan kembali dan bahkan menjadi semakin kuat dan mendapat kehidupan baru. Demikian di dalam diri kita selalu terpancarkan air kehidupan yang selalu menyegarkan hidup kita dan juga memberikan kehidupan bagi orang lain.

(Shalom dan Selamat hari Minggu, 26.08.2007)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: