Jalan Tuhan

Santapan Rohani – 2008-1-26

PERKATAAN YESUS YANG SULIT

Baca: Yohanes 6:44-58
Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia. —Yohanes 6:66
Bacaan Untuk Setahun: Matius 18-22, Amsal 10:1-11

Baru-baru ini, sebuah perusahaan mengiklankan sebuah boneka Yesus yang “dapat dipeluk, dicuci, dan berbicara”. Boneka tersebut juga dapat membacakan ayat-ayat Alkitab “untuk mengenalkan hikmat Alkitab kepada anak-anak di segala usia.” Yang diucapkan boneka itu, antara lain, “Saya punya rencana yang sangat menarik untuk hidupmu,” dan “Hidupmu sangat berarti bagi-Ku.” Siapa yang tidak mau mengikuti Yesus yang seperti ini?

Yesus memang memiliki rencana yang indah bagi hidup kita. Namun, Ia tidak melakukannya seperti jin dari alam lain atau boneka yang lucu untuk memberikan setiap permintaan kita. Yohanes 6 memberikan gambaran tentang Yesus yang tidak begitu menyenangkan—bahkan, Ia bersikap keras. Bukannya memenuhi keinginan egois para pengikut-Nya, Ia malah mengguncang pengharapan mereka. Ia menawarkan diri-Nya sendiri sebagai roti hidup dari surga dan berkata: “Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman” (ay.54).

Pesan ini keras dan sulit diterima. Gambaran yang Yesus berikan tentang makan daging dan minum darah membuat pendengarnya merasa tidak nyaman. Banyak yang tidak lagi mengikut Dia (ay.66). Dia bukanlah Mesias dan Raja hebat yang selama ini mereka harapkan.

Kadang kita menginginkan Yesus yang bisa memenuhi keinginan kita yang egois. Namun hidup indah yang Ia tawarkan hanya dapat ditemukan dalam ketaatan penuh pada perintah-Nya. Marilah meminta Yesus untuk menunjukkan kepada kita arti ucapan-Nya, dan meminta keberanian untuk bertindak sesuai dengan kebenaran-Nya. —MLW

“Kami mengasihi-Mu, Tuhan Yesus,” mungkin sering kita ucapkan,
Tetapi apakah kita siap untuk mematuhi kehendak-Nya?
Mari dengar apa yang Roh Allah ingin kita lakukan,
Dengan itulah kita menunjukkan kasih sejati pada-Nya. —D. De Haan

(Dikutip dari Santapan Rohani)

Selamat hari Minggu !

One Response

  1. Yesaya 55 : 8-13
    ” Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman Tuhan. seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu. sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku : ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohonan di padang akan bertepuk tangan. Sebagai ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobar, dan sebagai ganti kecubung akan tumbuh pohon murad, dan itu akan terjadi sebagai kemashyuran bagi Tuhan, sebagai tanda abadi yang tidak akan lenyap.”
    Haleluya !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: