Berani Tampil Beda

Baca: 2 Korintus 5:12-21
Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus. —2 Korintus 5:20
Bacaan Untuk Setahun: Keluaran 19-21, Amsal 11:22-31

Karena ayah saya adalah seorang pendeta, otomatis saya mendapat sebutan “anak pendeta”: AP. Namun, jemaat gereja ayah menjadi kecewa karena ternyata julukan itu tidak menghentikan kenakalan saya. Tidak terhitung lagi berapa kali saya ditegur, “Joe, kamu adalah anak pendeta. Kamu harusnya menjadi teladan.” Dan saya ingin menjawab, “Saya tidak mau menjadi teladan! Saya kan masih 5 tahun dan ingin bersenang-senang dengan teman-teman saya!”

Jujur saja, menjadi teladan seringkali berarti harus berani tampil beda. Namun, sebagian besar dari kita tidak ingin tampil beda. Kita ingin orang-orang menyukai diri kita, dan cara terbaik untuk itu menurut kita adalah dengan berbaur menjadi seperti mereka. Namun, mengikut Kristus tidak berarti membaur. Mengikut Kristus berarti menjadi seperti Dia, menjalani hidup dan hubungan dengan orang lain sebagaimana yang pernah Ia lakukan. Tampil beda adalah hal yang sedikit berisiko dan tidak nyaman. Namun, itulah artinya menjadi “utusan-utusan Kristus” (2 Kor. 5:20)—membawa perbedaan yang indah dari sang Raja untuk dinyatakan di tempat yang telah dipercayakan kepada Anda: tempat tinggal Anda; kantor Anda; persahabatan Anda. Mewakili sang Raja tidak hanya sekadar panggilan kita tetapi juga adalah suatu kehormatan besar.

Ketika mengintrospeksi diri, saya dapat melihat bagaimana kelakuan saya sebagai anak pendeta telah memberikan kesaksian yang buruk bagi ayah saya. Hal itu mendorong kita untuk mengingat bahwa setiap tindakan kita yang tidak sesuai dengan ajaran Yesus juga memberikan kesaksian yang buruk tentang Raja kita.

Buatlah perbedaan dengan berani tampil beda! —JMS

Ya Tuhan, tunjukkan padaku jalan agar cahayaku bersinar
Sebagai teladan kebaikan bagi umat manusia;
Menolong mereka melihat teladan-Mu,
Bersinar dalam keindahan, terpancar dalam hidupku. —Neuer

Berani tampil beda—untuk menyenangkan hati Bapa.
(Dikutip dari Santapan Rohani)

Leave a Reply

