KAPAN MEMUJI TUHAN?

Mazmur 150 :
Haleluya! Pujilah Allah dalam tempat kudus-Nya! Pujilah Dia dalam cakrawala-Nya yang kuat! PUjilah Dia karena segala keperkasaan-Nya, pujilah Dia sesuai dengan kebesaran-Nya yang hebat! Pujilah Dia dengan tiupan sangkakala, pujilah Dia dengan gambus dan kecapi! Pujilah Dia dengan rebana dan tari-tarian, pujilah Dia dengan permainan kecapi dan seruling! Pujilah Dia dengan ceracap yang berdenting, pujilah Dia dengan ceracap yang berdentang! Biarlah segala yagn bernafas memuji Tuhan! Haleluya!

Danau itu berkilau saat aku berjalan-jalan di tengah pemandangan daun-daun musim gugur dalam warna-warni yang luar biasa indah. Burung-burung berkicau seolah-olah mereka memuji Tuhan, dan awan-awan membuat jalan mereka menyeberangi langit yang biru cerah.

Tetapi saat itu aku tidak menemukan suka cita dalam tanda-tanda pujian dari alam. Aku terbebani oleh banyak pikiran. Aku cemas mengenai masa depan sekarang saat aku pensiun. Aku bertanya-tanya apakah kita seharusnya pindah lebih dekat dengan anak-anak dan cucu. Aku kuatir tentang keretakan dalam sklus keluarga. Aku cemas mengenai orang-orang sakit. Aku takut mengenai masa depan bangsa dan dunia.

Dan seolah-olah ada suara yang jelas berkata-kata kepadaku, “Kenapa kamu tidak memuliakan Aku?”

Aku berpikir, Tuhan, Engkaukah itu? Aku mulai memuji Allah. Dalam sisa perjalananku aku memuji Allah untuk kehidupan, untuk setiap nafas. Aku memuji Tuhan untuk anak-anak, cucu-cucu, dan istriku selama 50 tahun. Aku berdoa untuk keluarga gerejaku, untuk orang-orang supaya mencintai.

Ketika aku menyelesaikan perjalanku dan siap-siap untuk masuk ke dalam rumah, aku bernyanyi, “Pujilah Tuhan, sumber dari segala berkat yang mengalir. Pujilah Tuhan, semua ciptaan-nya di bumi. Aku menyerahkan bebanku kepada Allah, dan Ia telah menopang aku………

Doa : Tuhan, aku memujji Engkau dalam segala situasi, sehingga roh dan semangat kita senantiasa diperbaharui. Amen.

(Diterjemahkan dari The Upper Room)

Leave a Reply

